Mazmur

Tujuan penulisan kitab Mazmur
Tujuan kitab Mazmur adalah sama seperti Ayub, ditulis dan ditujukan kepada orang saleh dan bukannya orang berdosa. Kitab Mazmur berisi nyanyian – nyanyian orang yang ditebus dan tidak berisi berita untuk orang yang tidak percaya.
Kitab Mazmur ditulis untuk dinyanyikan dan sebagian besar syair Ibrani berbentuk lirik. Orang - orang Ibrani memakai berbagai macam alat musik untuk mengiringi nyanyian tersebut. Koor Haleluya pada Maz 150 menyebut tidak kurang dari 8 alat musik.
Kitab Mazmur adalah kitab puji - pujian bagi bangsa Israel dan telah menjadi sumber bahan musik gerejani. Mazmur merupakan teladan kaih setia yang dapat diterima. Kitab lain di dalam Firman Tuhan menggambarkan Allah sedang bercakap - cakap dengan manusia, kitab Mazmur menggambarkan manusia bercakap - cakap dengan Allah.
Kitab Mazmur merupakan teladan ungkapan etika dan membedakan antara dosa dan kebenaran, orang berdosa dan orang benar. Kata ‘benar atau ‘kebenaran disebut lebih dari 130 kali dalam ke-150 Mazmur itu. Kata ‘dosa dan ‘kesalahan diketemukan 65 kali dan kata ‘baik atau jahat ada 60 kali. Kata - kata itu mengandung paham - paham etika dan agama yang tak ternilai dan dengan tidak langsung menetapkan bagi manusia patokan tingkah laku yang sesuai dengan sifat - sifat Allah, yaitu kesucian, kuasa, hikmat, kasih dan anugerah-Nya.

Susunan kitab Mazmur
Kitab Mazmur seperti Pentateukh, diatur dalam lima kitab atau bagian yang penting dari segi sejarah. Sebagian Mazmur berkaitan dengan tiga sejarah, yaitu masa pemerintahan Daud, Salomo dan Hizkia. Mazmur yang berhubungan dengan masa permulaan kerajaan terdapat dalam kitab yang pertama, yang berhubungan dengan masa akhir kerajaan dalam kitab kedua dan ketiga.
Sebagian Mazmur selama dan sesudah masa pembuangan terdapat dalam kitab keempat dan kelima. Mungkin kitab yang pertama disusun oleh Daud, kedua oleh Salomo, ketiga oleh “pegawai - pegawai Hizkia” dan keempat serta kelima oleh Ezra dan Nehemia (Amsal 25:1, II Tawarikh 29:30).
Sebuah lagu pujian mengakhiri tiap kitab dan dengan jelas menandai batas yang satu dengan yang berikutnya. Seperti khotbah dibukit, kitab Mazmur dimulai dengan ucapan bahagia dan kemudian memuncak ke puji - pujian yang dikenal sebagai Mazmur Halleluya, gubahan yang terakhir dari kelompok itu ialah sebuah koor Halleluya.

Para penulis Mazmur
Mazmur - mazmur dikumpulkan selama 1000 tahun, yaitu disumbang lebih dari 12 orang penulis, penulisannya dimulai dari tahun 1400 SM. Kurang lebih 73 Mazmur yang ditulis oleh Daud, 2 oleh Salomo, 12 dari Asaf yaitu seorang lewi pemimpin paduan suara Daud, 12 dari keluarga Korah. Sebagian besar Mazmur Asaf menunjukkan masa sesudah zaman Daud dan mungkin ditulis oleh keturunan Asaf yang diangkat untuk melayani di Bait Allah (I Taw 25:1,2). Heman dan Etam pemusik istana masing - masing menyumbang sebuah Mazmur, 3 dari Yesaya, 2 dari Yeremia dan ketiga yang terakhir dari Hagai dan Zakharia.
Sedangkan 48 Mazmur tidak menyebut nama penulisnya. Kebanyakan penulis Mazmur adalah pemusik, mereka mengarang kata - kata dan juga lagunya. Gubahan musik dari nyanyian ini dapat dimengerti dengan lebih baik jika kita mengerti cara orang lewi mengatur musik dan paduan suaranya.

Ajaran kitab Mazmur
1. Teologi yang diilhami
Tidak ada kitab lain dari Perjanjian Lama yang mengajarkan begitu banyak tentang Allah. Garis besar Teologinya meliputi sifat mahakuasa, mahatahu, mahahadir serta kekekalan dan keabadian.

2. Teologi alamiah
Hanya kitab Ayub yang melebihi kitab Mazmur dalam hal teologi alamiah. Pemazmur memakai alam untuk mempekenalkan Allah sebagai pencipta yang ajaib dan mahakuasa, pemelihara dan pelindung. Banyak pernyataan dalam kitab ini menjelaskan masa penciptaan pada zaman prasejarah dan memberi kesan adanya pengetahuan ilmiah yang jauh melebihi ilmu pengetahuan yang ada pada zaman itu. Banyak pemandangan alam dilukiskan dengan sangat indah, seperti badai di laut (Maz 107:25-30), pemandangan daerah pedusunan (Maz 65:104), langit yang berbintang (Maz 8:19)

3. Nubuat
Kitab Mazmur memuat nubuat - nubuat tentang kehidupan Kristus yang dengan tepat sekali menggambarkan penderitaan dan kemuliaanNya. Kitab Mazmur adalah injil yang di nubuatkan. Tidak ada bukti yang lebih baik tentang ilham Alkitab daripada drama penyaliban Tuhan kita yang dilukiskan oleh kitab Mazmur pada seribu tahun sebelum Kristus lahir. Kitab Mazmur mengungkapkan batin Kristus, bagaimana perasaanNya dan bagaimana Ia hidup di hadapan Allah BapaNya. Mazmur juga menyatakan sejarah bangsa Israel yang akan datang dan keagungan Yerusalem dalam masa Kerajaan Seribu Tahun.

Tema kitab Mazmur
Ada enam penggolongan yang penting dalam kitab Mazmur, yaitu :
- Mazmur penyesalan : meminta pengampunan Allah (32, 38, 51)
- Mazmur Akrostik : bagiannya dimulai dengan abjad Ibrani yang berturut - turut (25, 119, 145)
- Mazmur Halleluya : memuji Yuhan (146 – 150)
- Mazmur kutuk : terhadap musuh penulis dan mengucapkan kutukan (35, 69, 109)
- Mazmur sejarah : mengungkapkan peristiwa - peristiwa sejarah yang penting dalam bentuk puisi (78, 105, 114)
- Mazmur nubuat : menceritakan peristiwa yang akan datang (22, 69, 110)